Jualan di LINE@No Comments

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan melalui LINE (add LINE kami @tipsjualonline),

“Apa bedanya berjualan di LINE@ dengan LINE biasa?”

“Bagaimana cara berjualan menggunakan LINE@?”

“Bagaimana cara menambah follower LINE@?”

Dalam posting artikel ini pertanyaan tersebut akan terjawab, semoga bisa membantu.

Untuk Anda yang berjualan online atau berbisnis menggunakan media online, maka kontak Anda diperlukan untuk berhubungan langsung dengan calon pelanggan Anda. Hal ini wajib gak boleh enggak, karena tipikal pelanggan Indonesia kebanyakan masih butuh rasa percaya dari penjual yang dibangun dari komunikasi via chat.

Aplikasi chat yang populer digunakan di Indonesia untuk berjualan online yaitu BBM, WhatsApp, dan LINE.

Khusus untuk kebutuhan bisnis, LINE membuat aplikasi chat yang lebih lengkap fiturnya untuk berpromosi, yaitu LINE@. Jadi jika sebelumnya pelanggan Anda chat ke LINE pribadi Anda, mulai sekarang arahkan pelanggan Anda add akun LINE@ Anda. Oiya, pelanggan gak perlu install LINE@ juga, cukup menggunakan aplikasi LINE yang sudah ada saja.

Username ‘@’

Bedanya dengan LINE biasa, username Anda menggunakan simbol ‘@’ di depannya. Anda akan diberikan username random, sama seperti jika Anda menggunakan BBM, anda akan diberikan PIN random. Untuk menggunakan username yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda harus mengaktifkan ID Premium. ID premium ini berfungsi untuk memudahkan calon pelanggan nge-add akun LINE@ Anda.

Follower >< Friends

Di LINE@ orang-orang yang add username Anda, disebut sebagai follower. Beda dengan LINE biasa, yang add akan jadi Friends. Di saat pertama kali pelanggan Anda add akun Anda, Anda bisa mengirimkan pesan otomatis ‘Greeting Message’ yang dapat diatur di LINE@ Anda.

Broadcast Message

Selain itu Anda dapat berpromosi menggunakan ‘Broadcast Message’ yang akan diterima seluruh follower Anda. Hal ini efektif digunakan untuk berpromosi. Tapi hati-hati, berpromosi terlalu sering bisa mengganggu kenyamanan follower Anda. Alih-alih mereka tertarik promosi Anda, malah ng-block akun Anda.

Multi Admin

Anda tidak perlu bekerja sendirian.  Kalopun Anda sudah memiliki Admin, Anda tidak perlu berbagi username dan password. Anda hanya perlu meminta admin menginstall LINE@ lalu beri akses LINE@ Anda ke admin. Jawaban admin akan terlihat di layar handphone kita, sehingga mudah untuk mengontrol kinerja admin.


Dengan memahami 4 fitur LINE@ diatas maka jelas bahwa fungsi utama LINE@ sebenarnya adalah sebagai ‘customer service’ via chat. Chat bisa dikendalikan oleh beberapa admin sekaligus.

LINE@ juga dapat digunakan untuk berpromosi via Broadcast Message yang dikirimkan ke follower-follower Anda. Tapi ingat, broadcast yang efektif adalah jika dikirimkan ke target market yang tepat. Jadi jumlah follower banyak tapi asal dapat gak lebih baik daripada follower dikit tapi sesuai target market.

So, tambahkan follower LINE@ Anda melalui channel media jualan yang Anda miliki, misalnya Facebook, Instagram, marketplace atau website. Arahkan calon pelanggan Anda add LINE@ supaya next time bisa Anda follow up menggunakan broadcast message LINE@.

Hindari menggunakan jasa penambah follower LINE@ dan jasa promosi sejenisnya yang target marketnya tidak sesuai dengan produk Anda.

Semoga artikel ini bisa membantu bisnis Anda.  Pertanyaan dan diskusi bisa ditanyakan via LINE, add saja @tipsjualonline.

Comment closed!