Jualan di InstagramNo Comments

Sejumlah akun hilang, user gagal login, sampai seluruh postingan dihapus. Bukan karena dihack, tapi karena Instagram lagi razia.

Korban razia gak main-main. Akun jualan dengan puluhan ribu sampai ratusan ribu follower. Akun jualan yang selama ini menggantungkan nasib orderan dari Instagram.

Walaupun kemudian ada cara yang bisa diupayakan untuk mengembalikan akunnya, tapi tidak menjamin di kemudian hari akun tersebut akan dinonaktifkan lagi.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Seperti yang sudah diketahui, Facebook sebagai pemilik Instagram mulai monetize Instagram dengan menghadirkan Instagram Ads. Sehingga setiap pengguna Instagram terutama yang menggunakannya untuk berbisnis atau berjualan akan ‘dipaksa’ untuk beriklan menggunakan IG Ads.

Belum lama ini, fitur Instagram Business dibuka. Setiap akun bisnis disarankan untuk mengubah akunnya menjadi akun bisnis, dengan kelebihan menghadirkan insight atau statistik folllower dan aktivitas seperti yang sudah saya tuliskan disini.

Setelah tahapan tersebut, secara pelan namun pasti, Instagram mulai merazia akun-akun yang beraktivitas untuk menambah follower dan mengembangkan bisnisnya dengan jalur ilegal (baca: kreatif). Misalnya, mereka yang ikut paid keroyok, menggunakan aplikasi pihak ketiga, memberikan login akun ke orang lain (baca: admin), dan bentuk-bentuk lain yang melanggar Term Of Use.

Lalu apa tujuan Instagram melakukan itu? Gak lain supaya kita sebagai pengguna Instagram beralih dari cara ‘ilegal’ untuk menggunakan cara yang dikehendaki Instagram, lalu ujung-ujungnya diajak beriklan di IG Ads.

Bagaimana cara mengembalikan akun dan postingan yang dinonaktifkan oleh Instagram? Pastikan akun Anda hanya login di 1 device saja. Paling enggak untuk sementara waktu. Lalu coba login kembali.

Silakan buka: https://help.instagram.com/contact/740949042640030. Ikuti petunjuknya.

Cara lain, Anda bisa juga mengirimkan email ke Instagram seperti ini:

Dear Instagram Team

Let me introduce, my name is ROSA
As per Sunday, September the 25th, 2016, my instagram account has been disabled without any prior notice to me. My account has been switch to bussines account, but why my account has been disabled?

I have tried to reset my password using “forgot password” but i received notification that my account is no longer active

i have tried many ways to re-activate my account, including reporting my account has been hacked, which then replied by instagram telling me to reply the email with my photograph holding a paper with a code, my full name, and my instagram account name on it. I have replied the email, but yet no further respond from instagram.

i really wish i can re-activate my instagram account. and i would like to know, what should i do to reactivate my account without losing any data or followers or whatever there is in my instagram account.

Thank you, have a good day!

Regards
Rosa Farisa
User Name : Faarisashop

Contoh email diatas dikirim oleh Rosa pemilik akun Instagram: Faarishashop, dan saat ini akunnya sudah kembali aktif.

Atau mungkin bahkan Anda sudah mendapatkan email dan diberitahu cara untuk mengembalikan Akun anda seperti di bawah ini? Akun Anda akan kembali dalam beberapa hari.

img_3370 img_3371So, kali ini Instagram benar-benar serius. Patuhi aturan-aturan penggunaan Instagram yang ditulis di Term of Use yang panjangnya luar biasa.

Silakan tanyakan problem online Anda melalui LINE di ‘@tipsjualonline’ dan jangan lupa share artikel ini di Twitter, Facebook, dan Google Anda.

Comment closed!