SEONo Comments

Banyak sekali artikel tentang optimasi SEO (Search Engine Optimation). Semuanya berlomba-lomba memberikan tips bagaimana membuat website dapat berada di posisi teratas pencarian Google.

Untuk apa ya ada di top pencarian?

Tentu supaya website kita semakin populer dan semakin banyak pengunjungnya.

Tapi, sudah dalam beberapa tahun terakhir Google tidak mempublish bagaimana cara menempati posisi puncak pencarian Google. Google hanya mengungkapkan bahwa ada 200 lebih faktor yang menentukan sebuah halaman website bisa berada di puncak pencarian.

Lalu apakah mereka yang menulis tips-tips SEO (dan juga yang membuka Jasa SEO) itu masih berlaku? Hmm.. Sebagian sudah kadaluwarsa, namun banyak juga yang tetap berhasil karena praktik dari pengalaman masing-masing dan pengalaman orang lain yang berhasil.

Lalu apakah 7 cara optimasi SEO yang akan saya bagikan ini berhasil? 😀

Tentu.  7 cara ini selalu saya terapkan di blog saya dan klien kami.

  1. Tulis Artikel Atau Posting Yang Menarik.

Salah satu faktor (yang tidak kadaluwarsa) yang menentukan artikel itu pantas di top page adalah, seberapa lama pengunjung berada di halaman website tersebut. Semakin lama semakin bernilai. Nah supaya semakin lama ada di website itu, tulisan posting haruslah dibuat semenarik mungkin.

Ingat, tulisan ribuan kata belum tentu menarik, bisa jadi hanya sekian detik pengunjung mau lihat, dan keluar dari website Anda. Hal ini akan menurunkan rangking website Anda.

2. Tulis Artikel Atau Posting Yang Shareable.

Faktor perangkingan yang lain adalah, jumlah backlink halaman web kita yang dicantumkan di website para pembaca kita. Apakah yang di share lewat social media dihitung? Tidak dihitung sebagai ‘jumlah backlink’ yang sah, tapi peluang follower mereka yang datang ke website Anda dari link tersebut akan menaikkan peringkat website Anda.

3. Judul Artikel Wajib Mengandung Kata Kunci Yang Ditargetkan.

Kalo Anda menginginkan orang-orang saat mengetik “Fitur Gramcaster” yang muncul adalah website Anda, maka pastikan judul posting artikel Anda mengandung kata-kata tersebut.

Tentu, judul dan isi juga harus relevan. Sebutkan kembali kata kunci tersebut di artikel Anda. Gak usah banyak-banyak. Jurus menulis berulang-ulang kata kunci di konten itu udah kadaluarsa. Yang terpenting isi konten artikel harus cocok sama judulnya.

4. Website Harus Mobile Friendly,

Faktor ini jadi penentu perangkingan juga nih. Test langsung pake toolsnya Google disini

Kalo hasilnya “Awesome! This page is mobile-friendly.”, Anda lulus! 😀

5. Website Harus Cepat

Jangan dibikin aneh-aneh websitenya. Google suka dengan website yang loading ya cepat. Perhatikan struktur webnya. Lihat plugin-plugin yang diinstal, yang gak perlu uninstall aja. Cek kualitas servernya, jangan-jangan bukan website yang bikin lemot, tapi servernya.

Cek langsung speed test pake toolsnya Google disini. Kalo hasilnya skormya “merah” cari tau caranya biar bisa IJO. Nanti dari test itu ketauan kok apa yang harus dibenahi.

6. Fokus Memberikan Manfaat Bagi Pengunjung Website

Gak perlu terlalu kaku dalam menuliskan artikel. Apa yang bisa dijadikan manfaat untuk pengunjung website, tulis saja. Karena bisa jadi, mereka akan kembali lagi mengunjungi website Anda tanpa diminta.

7. Promosikan Website Anda Di Social Media.

Jangan cuma menunggu trafik yang datang dari mesin pencari. Manfaatkan follower social media Anda untuk datang berkunjung ke website Anda. Setiap Anda menyelesaikan satu artikel, publish di social media Anda. Cantumkan juga nama website Anda di kolom website.


Dari hasil praktek 7 hal diatas saja bisa membuat blog atau web online shop Anda meluncur ke atas pencarian. Contohnya jika Anda sekarang googling dengan kata kunci: “Tarif Endorse Selebgram” atau “Fitur Gramcaster”, Anda akan temukan blog ini di pencarian teratas.

Nah, intinya kita semua disuruh menyesuaikan website kita menjadi FIT dengan kondisi search engine Google, sehingga website Anda teroptimasi dan layak dirangking di search engine.

Yang HARUS ANDA LAKUKAN sebelum mengerjakan 7 cara optimasi SEO di atas adalah: Daftarkan website Anda sekarang juga ke Google Search Console, untuk lebih mudah mengontrol dan menyesuaikan website kita dengan “apa maunya Google”.

Lewat Google Search Console* ini akan mudah melaksanakan 7 cara optimasi di atas. Karena Anda akan tau bagaimana artikel yang menarik bagi pengunjung website Anda. Kemudian ketauan juga keyword apa yang membuat pengunjung menclok di website kita, dll.

Jika dirasa 7 cara optimasi SEO ini bermanfaat untuk Anda, segera share untuk teman-teman yang lain ya. Jangan lupa praktek! 🙂

*)Saya secara khusus akan membahas tentang Google Search Console ini di kelas Buzztheday Online Class.

Comment closed!